Cara Edit Video Di Laptop Mudah untuk Pemula

miralunaclub.com – Perlu diketahui, hampir semua akses ke bermacam media sosial, video berupa film atau rekaman pasti akan muncul. Era modern ini, menganggap seolah video menjadi kebutuhan tersendiri bagi para penikmatnya.  Bahkan, video pun dijadikan pundi uang bagi yang memanfaatkannya. Namun, seringkali banyak orang mengeluhkan tentang cara pembuatan video yang terbilang sulit. Apalagi bagi pemula. 

Walaupun begitu, terdapat Cara Edit Video Di Laptop yang dapat anda coba dengan mudah tanpa ribet. Cara mengedit gambar bergerak tersebut dilakukan menggunakan bantuan software aplikasi tertentu di laptop, seperti Adobe Premiere Pro. Adobe Premiere adalah salah satu software yang umum digunakan. 

Menyunting Gambar Bergerak Menggunakan Adobe Premiere Pro

1. Memasukkan serta menambahkan rekaman

Setelah membuka software tersebut, lalu pilih “Create New Project” juga isilah nama serta lokasi penyimpanan output film. Selanjutnya, akan muncul tampilan awal dengan lembar kerja masih kosong. lalu apabila anda ingin memasukkan filmnya, maka hal pertama untuk dilakukan adalah mengklik file kemudian import.  Selanjutnya pilih salah satu atau beberapa file untuk proses editing.

2. Memotong rekaman 

Setelah film muncul di source, maka anda bisa memulai untuk memotongnya. Untuk memotong, anda bisa menggeser-geser durasi film yang terletak tepat di bawah film. 

Langkah tersebut dilakukan untuk mengatur dimana posisi film atau rekaman anda akan dimulai. Lalu klik mark in. kemudian geser durasi film serta tempatkan dimana film harus berakhir. Selanjutnya klik mark out.

3.  Menambahkan musik dan teks

Setelah proses pemotongan, barulah ke proses penambahan musik dan teks dengan cara menarik rekaman ke bagian timeline. Jika sudah di timeline, rekaman bisa menampilkan 2 bagian yakni bagian audio dan gambar bergerak. Supaya mempermudah dalam mengedit maka rekaman tersebut dapat di zoom sesuai keinginan.

Dalam timeline ini, bagian audio bisa ditambah musik sesuai selera. Caranya adalah menarik musik dari project ke timeline. Selain itu, bagian audio pun bisa dihilangkan agar tidak bertumbuk suara saat rekaman dimainkan. 

Proses selanjutnya adalah penambahan teks. Dilakukan dengan cara klik new item lalu pergi ke title, dan isilah kolom kosongnya dengan catatan yang ingin ditambahkan serta klik oke. Maka akan muncul tampilan pop up yang memintamu mengatur tampilan teks. 

4.  Rendering

Jika, proses visualisasi telah selesai editing, maka langkah selanjutnya adalah proses rendering. Proses rendering dilakukan dengan cara klik file, lalu pilih export dan media. Maka jendela pengaturan akan muncul dan anda diminta mengatur format video yang ingin dihasilkan sesuai harapan. 

Apabila sudah selesai lanjutkan dengan klik export. Maka proses rendering akan berjalan. Kemudian sampai tunggu sampai rendering selesai 100% 

Baca Juga : Ingin Jadi Seorang Selebgram? Intip Kiat-kiatnya Berikut Ini, Yuk!

Begitulah cara edit video di laptop. Sederhana dan mudah bukan? Jadi, anda tidak perlu mengalami kesulitan lagi untuk mencoba mengedit dengan hasil memuaskan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *