Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk dengan Benar

miralunaclub.com – Flashdisk memang tempat menyimpan data yang aman dan simpel, karena dapat dibawa ke mana-mana. Namun, nyatanya benda satu ini juga kerap kali mengalami masalah. Alat penyimpanan tersebut juga dapat mengalami bad sector, sehingga mau tidak mau penggunanya harus melakukan back up data supaya tetap aman atau tidak hilang.

Tapi bagaimana jika ternyata isinya sudah terlanjur hilang? Kepanikan akan terjadi dan dapat membuat mood jadi buruk. Namun, tidak perlu merasa cemas, sebab ada banyak cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk tersebut. Bisa gunakan Command Prompt atau aplikasi.

Kembalikan File Hilang dengan Command Prompt

Cara ini dapat digunakan pada perangkat sistem operasi Windows. Anda harus paham betul bagaimana melakukannya supaya nanti jika ada sesuatu tidak diinginkan dapat segera memulihkannya. Berikut ini tahapan-tahapan mesti dilakukan.

  • Hubungkan flashdisk pada port USB
  • Tekan tombol berlogo windows berbarengan dengan tombol R.
  • Apabila muncul kotak bertulisan Run, lalu silakan tulis Cmd pada kolom.
  • Jika Command Prompt telah muncul, Anda harus segera menulis chkdsk H: /f’ lalu tekan saja tombol Enter.
  • Lalu tekan Y dan Enter lagi.
  • Lalu ketikkan lokasi flashdisk di Explorer, misalnya saja lokasinya pada huruf H, kemudian tekan Enter kembali.
  • Jika sudah, maka ketik kode H:>attrib -h -r -s /s /d*.* lantas tunggu hingga proses selesai.
  • Apabila proses sudah rampung, maka file terhapus ini akan segera muncul.

Sebagai catatan, Anda harus mengganti H dengan lokasi alat penyimpanan data. Di atas hanyalah contoh yang bisa diikuti. Meski cukup repot, tapi menggunakan cara ini memiliki kesempatan jauh lebih besar. Trik kembalikan dokumen terhapus ini bahkan dapat dipakai untuk mengembalikan file pada SD Card dan juga harddisk eksternal.

Kembalikan File Hilang dengan Aplikasi

Selain trik di atas, bisa juga pengguna mencoba memakai aplikasi apabila memang tidak mau ribet. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa bantu untuk kembalikan data. Langkah-langkahnya pun sangat mudah.

Cukup install dulu aplikasi yang dibutuhkan, hubungkan alat penyimpan data tersebut ke port USB lalu jalankan aplikasi. Jangan lupa untuk memilih lokasi flashdisk terlebih dahulu, lalu jalankan proses scan atau recover dan tunggulah sampai prosesnya benar-benar selesai. Ini lebih mudah dicoba daripada harus repot mengetikkan kode-kode seperti pada cara pertama.

Adapun jika bingung menentukan aplikasi mana paling bagus, maka Anda harus mencoba beberapa di antaranya seperti Recuva, Pandora Recovery, TestDisk dan sebagainya. Pastikan jika Anda juga rutin mengecek dan merawat alat penyimpan data dengan sangat baik supaya tidak terjangkit virus dan sejenisnya.

Baca Juga : Cara Mengembalikan File yang Hilang di Flashdisk dengan Benar

Itulah yang bisa dilakukan agar data hilang bisa kembali lagi. Cara tersebut sangat membantu pada saat genting, terutama jika file tersebut berhubungan sama pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *