Cara Mudah Membuat Rumus Menggunakan Microsoft Office Word

miralunaclub.com – Microsoft Office Word saat ini tidak hanya digunakan untuk menulis sebuah karya ilmiah, artikel, dan tulisan lainnya yang hanya mengandung huruf latin. Word kini dapat digunakan untuk membuat rumus dan menyisipkan simbol-simbol matematika dalam sebuah tulisan.

Fungsi ini tentu membuat pengguna semakin nyaman saat menginput persamaan-persamaan matematika ke dalam sebuah tulisan. Penggunaannya cukup mudah dan pilihan simbol serta rumus untuk membuat sebuah persamaan pun juga cukup banyak.

Menyisipkan Beragam Simbol 

Menyisipkan suatu simbol menggunakan salah satu fungsi Word sangatlah mudah. Dilansir dari support.microsoft.com, berikut ini merupakan cara menginput simbol matematika dan formula pada Word.

  1. Buka software Ms Word, tunggu hingga menampilkan halaman berupa lembar kertas. 
  2. Pilih menu Insert, klik ikon panah ke bawah pada menu bar Symbols.
  3. Klik Symbol, maka Word akan menampilkan beberapa contoh simbol yang ada.
  4. Klik More Symbols… untuk menemukan lebih banyak simbol.

Banyaknya simbol yang ditampilkan akan membuat Anda kesulitan mencari simbol yang akan digunakan. Demi mempermudah penggunanya, Word membuatkan kode untuk setiap simbolnya. Contohnya, simbol ceklis berada pada Font: Wingdings 2 dengan Character code: 80. Tahapan pencariannya dapat dilakukan seperti pada gambar.

Membuat Persamaan pada Word

Menuliskan persamaan pada Ms Word tentu tidak asing lagi untuk Anda yang bergelut di bidang matematika. Berikut ini merupakan langkah membuat sebuah persamaan pada Word.

  1. Buka software Ms Word hingga menampilkan halaman berupa lembar kertas. 
  2. Pilih menu Insert, klik ikon panah ke bawah pada menu bar Symbols.
  3. Klik ikon phi pada Equation, word akan menampilkan dan menu bar secara otomatis menampilkan Design. 
  4. Menu bar Design akan menampilkan pilihan seperti pada gambar.

Pilihan jenis simbol matematika dan pilihan berbagai jenis rumus untuk membuat persamaan akan ditampilkan secara otomatis. Jenis-jenis menu ini tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Terdapat pilihan menu Fraction (pecahan), Script (bentuk akar), Radical (bentuk akar), Integral, Large Operator (sigma), Bracket (tanda kurung), Function (fungsi trigonometri), Accent (ciri khusus), Limit and Log (fungsi limit dan logaritma), Operator (penghubung), Matrix (matriks). 

Saat akan membuat sebuah matriks dengan ordo 33, Anda dapat menggunakan cara cepat dengan menekan Alt + =” (tombol Alt dan tombol =) secara bersamaan hingga muncul                             .

Pilih menu Bracket, tunggu hingga menu menampilkan pilihan rumus. Setelah pilihan rumus ditampilkan, pilih rumus kedua pada baris pertama (tanda kurung siku ”[]”). 

Setelah rumus disisipkan pada tulisan, klik bagian tengah kurung siku yang berbentuk kotak.

Klik menu Matrix, tunggu hingga ditampilkan bergabai jenis matriks. Pilih rumus dengan jumlah kotaknya 9 yang terdapat pada rumus keempat baris kedua. 

Baca Juga : Cara Keluar dari Grup WA dengan Mudah dan Dijamin Anti Gagal

Saat membuat rumus matematika pada Word, sebaiknya Anda lebih teliti dalam menggunakan rumus yang tersedia. Meskipun pilihan yang disediakan beragam, beberapa persamaan harus dibuat dengan beberapa kali menyisipkan jenis rumus yang sama, sehingga akan membuat Anda mencari solusi untuk pembuatan persamaan tersebut.