Sifat Dan Luas Rumus Segitiga Sama Kaki

miralunaclub.com – Segitiga sama kaki merupakan jenis segitiga yang memiliki sebuah keistimewaan yang lebih karena memiliki kedua kaki sama panjang. Segi tiga ini berbeda dengan segitiga lainnya, karena selain dari kedua dari tiga sisinya yang sama. Segitiga tipe ini juga memiliki kedua sudut sama-sama besar. Dimana kedua sudat tersebut sama-sama bertopangan dengan sisi bagian alas. 

Dan kemudian saling bertemu pada atas titik bagian tengah alas. Kebenaran ini bisa Anda uji dengan mengukurnya menggunakan penggaris dan 2 pensil yang berukuran sama. Kemudian coba miringkan obyek segitiga tersebut ke satu arah. Maka Anda tidak akan bisa mempertemukan kedua ujung dari pensil tersebut. Sebab itu adalah sifat khusus dari segitiga jenis ini.

Sifat Dan Luas Rumus Segitiga Jenis Sama Kaki 

Segitiga tipe ini memiliki kedua sisi sama panjang, dengan 2 sudut yang saling berhadapan. Dimana kedua sisi tersebut juga sama-sama memiliki besar sudut sama besar. Tak hanya itu, segitiga ini memiliki 1 sumbu simetri dan dapat menempati bingkai dengan dua cara. Segitiga jenis ini juga memiliki rumus luas dan keliling seperti halnya di bawah ini

Untuk mencari luas segitiga ini kita bisa menghitungnya melalui ½ alas (a), dan kemudian kalikan dengan tinggi (t). Contoh L = ½ a X t. sedangkan untuk mencari kelilingnya kita hanya perlu menjumlahkan semuanya. Dari keseluruhan panjang sisi-sisinya. Contoh Keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3. Lantas bagaimana cara menghitungnya?

Cara Mencari Luas Segitiga Menggunakan Trigonometri

  1. Awali dengan satu sisi atau sudut

Rumus dari segitiga ini bisa dicari dengan cara ini, walaupun satu sisinya belum diketahui secara pasti. 

  1. Bagi Segitiga menjadi dua bagian siku-siku

Tarik sebuah garis dari salah satu sudut di antara kedua sisi yang sama panjang. Kemudian turun hingga memotong sebuah alas secara tegak lurus. Sehingga Anda dapat memperoleh dua segitiga siku-siku. Jadi garis ini membagi dua 0 dengan sempurna. 

  1. Gunakan Trigonometri Untuk Menemukan Nilai

Setelah menemukan siku-siku tersebut, Anda bisa melanjutkan menggunakan fungsi trigonometri. Seperti sin, tan cos, dan tangen.

  1. Temukan Besar Sisi Yang Tersisa

Untuk segitiga siku-siku yang panjang sisinya belum diketahui secara pasti, kita bisa memberikan sebuah variable x kemudian cari dengan menggunakan sin + sisi hipotenusa.

  1. Hubungkan x dengan alas 

Dan sekarang Anda bisa kembali ke segitiga utama, dengan panjang alas a sama dengan 2x. karena alas dibagi dalam 2 segmen.  Dengan masing-masing panjang x.

Baca Juga : Cara Fermentasi Pakan Kambing dengan Benar

Itulah beberapa informasi mengenai rumus segitiga sama kaki, lengkap dengan fungsi dan sifatnya. Sehingga Anda bisa menggunakan informasi tersebut untuk membantu menemukan luas alas atau keliling segitiga dengan benar dan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *